Mengapa Anda Perlu Menggunakan Air Cooler? Inilah Keuntungannya!

03.37 Mugiwara Upi 0 Comments

Air cooler itu ternyata sangat berguna lho. Mungkin sampai saat ini Anda hanya mengetahui jika alat untuk mendinginkan ruangan adalah Air Conditioner saja. Padahal saat ini terdapan mesin pendingin ruangan bernama Air Cooler. Saat ini Air Cooler berhasil mencuri perhatian masyarakat karena pemakaian daya listriknya yang terbukti lebih irit daripada Air Conditioner.
Air Conditioner atau kipas angin bukanlah satu-satunya jawaban untuk mendinginkan ruangan. Jika Anda menginginkan udara yang lebih sejuk sekaligus ingin menghemat listrik, Air Cooler bisa jadi pilihan terbaik. Kemampuan Air Cooler terbaik dalam mendinginkan ruangan juga sangat baik. Lebih baik dari kipas angin namun tidak kalah dengan Air Conditioner.

Air Cooler berfungsi sebagai pendingin ruangan sebagaimana kegunaan Air Conditioner sehingga Air Cooler juga bisa dikategorikan sebagai mesin penyejuk ruangan. Dengan ukurannya yang mini tersebut, maka fleksibilitas Air Cooler dapat dimanfaatkan dengan baik.
Dari hari ke hari perkembangan Air Cooler ini meningkat pesat bahkan sampai bentuk dan diameter dari sebuah Air  Cooler dibuat menjadi lebih mini daripada Air Conditioner sehingga alat ini lebih portabel untuk diletakkan berbagai tempat. Bahkan saat ini juga ada Air Cooler mini yang ukurannya panjangnya hanya 15 CM sehingga dapat di masukan kedalam tas.
Air Cooler dibekali dengan tabung yang berfungsi untuk pengisian air, beberapa air Cooler menggunakan busa sehingga pengisian airnya dapat dilakukan dengan cara disiram.
Air Cooler bekerja dengan cara Air Cooler adalah air dikeluarkan sedikit demi sedikit bersamaan dengan hembusan angin yang berasal dari kipas Air Cooler, Udara yang dihasilkan Air Cooler akan terasa dingin dan sejuk karena udaranya mengandung air dingin.
Agar semakin sejuk, beberapa pengguna Air Cooler menaruh es didalam bak air dari Air Cooler mereka. Semakin lama Air Cooler ini dipakai kelembapan yang dihasilkanpun akan semakin tinggi. Air Cooler cocok digunakan pada saat cuaca sedang panas dan udara yang dibawa kering.
 
1.    Hemat Listrik
Jika Anda ingin mendinginkan ruangan namun dengan daya listrik yang irit, maka Air Cooler bisa menjadi pilihan utama daripada Air Conditioner. Salah satu alasan sebagian orang memilih Air Cooler adalah karena penggunaan listriknya yang terbilang rendah. Bisa dibilang, konsumsi listriknya hanya sebesar 10 hingga 15 persen listrik yang digunakan Air Conditioner. Semua keuntungan tersebut bisa saja berlipat saat Anda memilih Air Cooler dengan kualitas yang bagus.
2.    Perawatan Mudah
Jika pada Air Conditioner perawatannya membutuhkan alat khusus dan dengan tenaga ahli yang khusus pula,hal ini berbeda jauh dengan Air Cooler. Air cooler relatif tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Tidak perlu tenaga ahli. Anda bisa melakukannya sendiri. Perawatan yang rutin dilakukan hanya perawatan kebersihan dan mengganti air saja. Karena semua itu bisa dilakukan seorang diri, tidak banyak biaya perawatan yang harus Anda tanggung.


3.    Udara Lebih Lembab
Air Conditioner berfungsi untuk mendinginkan ruangan saja. Sedangkan Air Cooler selain digunakan untuk menurunkan suhu ruangan bisa untuk melembabkan keeadaan ruangan juga. Jika dibandingkan dengan Air Conditioner, Air Cooler memang relatif lebih lembab.
 Ini tak lepas dari penggunaan uap air untuk mendinginkan ruangan. Karena itu, sangat tidak disarankan menggunakan Air Cooler di ruangan tertutup untuk menghindari munculnya jamur atau bakteri di dalam ruangan.

Itu tadi alasan kenapa Air Cooler merupakan solusi yang tepat untuk menurunkan suhu ruangan Anda. Semoga artikel ini membantu Anda menambah wawasan tentang Air Cooler dan mungkin saja Anda berminat untuk memiliki air cooler ini.