Tips Merawat Mesin Cuci Piring Agar Tetap Awet

16.50 Mugiwara Upi 0 Comments


foto:hargaperabot.com


Bila mempunyai mesin cuci piring, sudah seharusnya Anda merawatnya dengan baik. Sebab, barang elektronik jika tidak dirawat bisa cepat rusak dan pasti akan sangat merugikan Anda. Mesin cuci piring memang sangat membantu pekerjaan rumah tangga Anda. Mulai dari menghemat waktu, tenaga dan juga tidak membuat Anda cepat lelah. Seperti semua peralatan rumah tangga, mesin pencuci piring harus dijaga agar tetap berjalan lancar. 

Banyak orang yang sering mengabaikan perawatan mesin pencuci piring. Sehingga pada akhirnya menyebabkan masalah seperti penyumbatan dan kebocoran dalam jangka panjang. Mungkin beberapa dari Anda sedang mencari cara merawat mesin cuci piring yang baik dan dapat menjadikan awet. Berikut caranya!

Scrape sebelum dicuci
Meskipun nyaman meletakkan piring Anda langsung ke mesin pencuci piring setelah Anda selesai makan, penting bagi Anda mengikis piring Anda sebelum melakukannya. Mengikis maksudnya menghilangkan kotoran atau sisa-sisa makanan yang ada di piring atau peralatan yang akan dicuci. Puing-puing makanan dari piring dapat menyebabkan mesin menjadi tersumbat, membuat pembersihan menjadi kurang efektif. 

Jangan terlalu penuh
Mungkin Anda tergoda untuk mengisi mesin cuci piring sampai penuh dengan menumpuk mug dan mangkuk di atas satu sama lain. Hal itu bertujuan untuk mempercepat pencucian piring. Padahal langkah tersebut salah. Meletakkan piring-piring atau peralatan lainnya terlalu erat akan menjadikan pembersihan tidak menyeluruh. Bagilah peralatan menjadi beberapa kelompok berdasarkan kotorannya. Mug bisa dijadikan satu dengan sendok atau piring jadi satu dengan mug.
Jalankan air panas sebelum menyalakan mesin pencuci piring

Hidupkan atau jalankan air panas terlebih dahulu. Buatlah airnya menjadi panas sebelum memasukkan piring-piring atau peralatan lainnya. Karena jika airnya dingin, pembersihannya takkan maksimal dan membuat Anda harus mengulang-ulang. Kalau airnya sudah panas, tentu lebih mudah menghilangkan kotoran atau minyak pada piring. 

Bersihkan mesin cuci piring secara rutin
Meski mesin cuci piring sebagai alat untuk pembersihan, tapi mesin cuci piring juga perlu dibersihkan secara rutin. Seiring waktu, makanan dan kotoran akan mulai terbentuk dan bisa menyebabkan masalah dengan pembersihan jika dibiarkan tanpa pengawasan. Di bawah sprayer bagian bawah mesin ada nampan yang biasanya bisa dilepas. Ambillah nampan itu maka, Anda akan menemukan makanan yang tidak dapat dikeluarkan oleh mesin sendiri.
Bersihkan secara keseluruhan secara hati-hati. Biasanya cara membersihkan mesin cuci piring sudah ada di buku panduan. Jadi, ketika membelinya jangan buang buku panduan penggunaan.