Populer Online Payment Indonesia Bagi Konsumen dan Penjual

23.30 Mugiwara Upi 0 Comments




Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang mempunyai wilayah luas dan penduduk yang besar. Saat ini Indonesia sedang menjalani revolusi e-Commerce. Dengan 60% populasi online yang mengakses Internet melalui smartphone, tak mengherankan jika pertumbuhan yang signifikan dari penggunaan online payment Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia masih lebih memilih perbankan online meski pertumbuhan e-wallet.
Meski aktivitas e-commerce di Indonesia sudah mulai digunakan, tapi untuk sistem pembayarannya belum sepenuhnya menggunakan layanan perbankan. Metode pembayaran online yang paling populer adalah cash on delivery (COD) dan transfer bank. Ini berarti uang tunai masih merupakan metode pembayaran utama. Hal itu wajar, karena selama ini masyarakat kita masih takut penipuan dan uang tunai yang lebih mudah diproses. Inilah online payment Indonesia yang digunakan!
foto:popular.com

Transfer Bank
Transfer bank adalah metode untuk mentransfer uang dari satu akun ke rekening lainnya atau dari satu entitas ke entitas lainnya. Transfer bank merupakan sebagian besar layanan pembayaran online yang dipilih. Transfer bank bisa merujuk ke offline dan online. Transfer bank offline adalah jenis transfer manual dan mungkin melibatkan pembayaran ATM atau pembayaran di teller bank.
Cash on Delivery (COD)
Salah satu cara yang paling populer untuk metode online payment Indonesia tanpa kartu kredit atau rekening bank adalah dengan cash-on-delivery (COD). Saat berbelanja online, pengguna akan masuk ke situs e-commerce favorit, membeli satu atau dua item ke keranjang belanja mereka, lalu mengisi alamat dan kemudian membayar barang tersebut secara tunai begitu tiba di depan pintu rumah. COD memungkinkan pelanggan membayar pembelian mereka dengan uang tunai saat pengiriman.
COD membantu pelanggan untuk melakukan "pengembalian" pada saat pembelian dengan mudah. Metide ini benar-benar mengurangi biaya pengembalian bagi konsumen jika tidak cocok dengan produk tersebut. COD dapat membantu menjembatani kebutuhan konsumen untuk melihat dan merasakan produk. Meskipun COD memperpanjang rantai pembayaran, namun masih bisa memenangkan hati.
e-wallet
Online payment Indonesia selanjutnya adalah E-wallet atau dompet elektronik. Kemunculan e-wallet ini membuat masyarakat lebih percaya dengan proses online. Memang masih banyak yang menggunakan transfer bank atau COD, tapi e-dompet cukup dipertimbangkan layanannya. Melalui e-wallet, pengguna secara aman dapat membayar produk yang dibeli online melalui transfer uang ke pengguna lain atau entitas dengan menggunakan akun dompet virtual.
Banyak e-wallet di Indonesia diantaranya seperti Indomaret Card, E-Toll, GazCard, Ecash, Sakuku, BCA-Flazz dan lain sebagainya.

0 komentar: