Tips Liburan ke Singapura bagi Backpacker Pemula

16.16 Mugiwara Upi 0 Comments


foto:utiket.com



Melakukan perjalanan solo ke Singapura yang lokasinya terdekat dari Indonesia ini memang tampak menyenangkan. Selain cocok untuk dijadikan destinasi liburan, negara dengan ikon Patung Merlion-nya ini sering menjadi pilihan untuk tujuan shopping dan tempat berobat. Pengobatan di sini terkenal mempadupadankan teknologi pengobatan modern dengan herbal.
‘Negara Singa’ menawarkan banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Pengalaman yang didapat pun tidak akan terlupakan, baik itu yang menyenangkan maupun yang kurang menyenangkan. Untuk kamu yang memang ingin mencoba pengalaman backpacking ke Singapura yang dapat ditempuh hanya dalam waktu satu jam ini, ada 5 tips yang perlu kamu ketahui sebelum menginjakkan kaki ke sana. Apa saja itu? Check it out.
  1. Siapkan Fisik dengan Olahraga
Seperti halnya Jepang, Belanda, dan negara kecil lainnya, kamu harus membiasakan diri untuk jalan. Lakukan latihan dengan olahraga ringan seperti senam dan jogging selama beberapa hari sebelum perjalananmu ke Singapupura. Selain jalan, kamu bisa beli kartu EZ Link agar dapat memanfaatkan MRT (Mass Rapid Transit) atau bus yang selalu bersih, nyaman, dan datang tempat waktu untuk perjalanan agak jauh.
  1. Buat Itinerary di Agendamu
Itinerary atau rencana perjalanan merupakan nyawa dari sebuah perjalanan seorang backpacker. Anggaran untuk akomodasi, makan, berikut objek wisata dibuat secara rinci sesuai harga yang sudah dicari terlebih dahulu di internet. Pilih tiket pesawat yang sedang promo dan penginapan (hostel) serta tempat makan yang murah, terutama yang dekat dengan objek wisata yang ingin kamu kunjungi.
  1. Siapkan Barang yang Perlu Dibawa
Bawa pakaian yang disesuaikan dengan lama liburanmu, karena tidak memungkinkan untuk mencuci di hostel. Lalu perlengkapan sholat dan mandi, sepatu, sandal, obat, alat tulis, dokumen penting seperti passport (ke Singapura tidak perlu visa), snack, handphone, serta kamera. Juga air mineral botol karena harganya mahal di Singapura. Tapi kamu bisa mengisi ulang di tap water, dijamin aman kok.
  1. Proses di Bandara Soekarno Hatta-Changi
Tukarkan uang rupiah dengan uang Singapura di money changer dan siapkan uang sekitar RP 150 ribu untuk airport tax. Kemudian menuju bagian imigrasi untuk proses screening dan mengisi formulir. Simpan sobekannya untuk diserahkan kembali saat pulang. Prosedur yang sama dilakukan di Bandara Changi, Singapura. Sedangkan kartu EZ Link dapat dibeli di ticket office stasiun MRT yang berlaku hingga 5 tahun.
  1. List Objek Wisata yang Ingin Dikunjungi
Bermain di Universal Studio Singapore (USS), night safari di Jurong, berfoto di tempat wisata ikonik seperti Merlion Park, Marina Bay Sands, Garden by the Bay, dan Haji Lane adalah hal tak boleh dilewatkan. Jangan lupa memborong cokelat di Mustafa yang terkenal enak, kemasannya lucu, dan murah. Kunjungi pula pusat perbelanjaan terkenal di Asia, yaitu Orchard Road dan Bugis Street.
Selalu ada kemungkinan perjalananmu tidak sesuai dengan itinerary yang sudah dibuat. Beberapa tempat mungkin tidak bisa kamu kunjungi karena alasan tertentu. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengubah rencanamu karena banyak sekali tempat wisata lainnya yang menarik di Singapura. Jadikan pengalaman backpacking pertamamu ini pedoman untuk melakukan backpacking berikutnya dengan lebih baik. Selamat berlibur!