4 Tips Merawat Setrika Sanken agar Tahan Lama

00.44 Mugiwara Upi 0 Comments



Setrika merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga yang sangat penting dalam kegiatan sehari – hari. Tanpa adanya setrika pakaian yang telah dicuci dan dijemur tidak dapat halus seperti semula. Salah satu setrika yang banyak diminati oleh ibu rumah tangga adalah setrika sanken. Setrika tersebut sangat diminati karena harga setrika sanken yang cukup terjangkau. Selain itu cara penggunaannya pun mudah dan tidak banyak menghabiskan listrik rumah anda. Segala jenis barang elektronik tentunya harus dirawat secara intens agar tidak cepat rusak atau tahan lama. Begitu juga dengan setrika sanken, perlu dilakukan perawatan setelah pemakaian agar tetap awet. Namun perlu diperhatikan untuk melakukan perawatan setrika ini memiliki cara yang berbeda – beda setiap jenis setrika.

Bagaimana cara merawat setrika?
Penggunaan setrika yang hampir setiap hari tentunya akan membuat setrika lama kelamaan menurun fungsinya. Agar tidak terjadi hal tersebut berikut cara yang dapat anda lakukan agar setrika dapat tahan lama:
1.     Gulung kabel setelah selesai digunakan
Menggulung kabel setrika setelah digunakan dapat membuat setrika lebih rapi. Selain itu juga hal tersebut dinilai mampu menghilangkan panas pada setrika secara cepat setelah digunakan. Cara menggulung kabel setrika dilakukan secara melingkar dengan mengikat bagian bawah setrika atau bagian belakang. Selain dapat mencegah kabel setrika lepas dari kain pengikat, setrika juga akan terlihat lebih rapi.
2.             Tempatkan setrika pada tempat yang benar
Ketika selesai menggunakan, letakkan setrika ditempat berbahan besi atau tempat khusus setrika. Jangan pernah anda meletakkan setrika berdekatan dengan produk yang berbahan plastik. Hal tersebut akan merusak lapisan anti lengket yang dimiliki oleh setrika sehingga ketika digunakan kembali akan terasa lengket pada pakaian. Selain itu juga akan membakar produk plastik yang tersentuh setrika tersebut.  
3.             Hindari menyetrika benda logam atau keras
Lapisan bawah setrka sanken terbuat dari logam sehingga apabila anda tidak sengaja menggunakan untuk menyerika pakaian yang memiliki kancing logam akan membuat korsleting ada tegangan listrik. Hal tersebut terjadi karena adanya tarik menarik energi listrik melalui dua logam tersebut dan akan mengakibatkan setrika anda mengalami gangguan bahkan rusak.
4.             Bersihkan setrika secara berkala
Setrika yang sering digunakan tentunya akan meninggalkan bekas noda pada bagian bawah setrika. Hal tersebut dapat terjadi ketika anda menggunakan setrika secara terus menerus. Cara membersihkan hal tersebut sangat mudah. Setelah selesai menggunakan, tunggu setrika sampai tidak panas. Kemudian anda dapat langsung membersihkan bagian bawah setrika menggunakan spon halus dan air teh. Sebaiknya anda menghindari membersihakan setrika menggunakan cairan pembersih. Hal tersebut dapat mengangkat bahan anti lengket pada setrika dan akan menyebabkan setrika menjadi lengket ketika digunakan.
Beberapa tipe setrika sanken dan harganya
Setrika sanken memiliki banyak jenis dan harga setrika sanken berbeda – beda tergantung dari jenis dan bahan yang digunakan. Berikut daftar setrika sanken beserta harganya sebagai alternatif pilihan anda:
a.        Sanken ADR – 210BL
Harga yang ditawarkan untuk tipe setrika sanken tersebut berkisar antara Rp 125.000 sampai Rp 130.000
b.     Sanken ADR – 205BL
Sanken dengan tipe diatas ditawarkan dengan harga antara Rp 120.000 sampai Rp 135.000
c.     Sanken ADR – 200BL / GE
Harga sanken dengan tipe tersebut berkisar Rp 120.000  sampai Rp 130.000
Anda dapat memilih produk setrika sanken yang sesuai dengan keinginan anda. Namun, apapun tipe atau jenis setrika sanken yang anda pilih harga setrika sanken relatif murah dan mampu bertahan lama. Selamat mencoba..