Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir Bagi Orang Tua Baru

03.00 Mugiwara Upi 0 Comments

Bagi Anda yang baru mempunyai momongan, tentu bingung bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir dengan benar. Hal itu wajar karena sebelumnya, belum pernah memegang bayi yang sekecil itu. Kulitnya yang halus dan tulang serta ototnya masih rapuh yang membuat Anda sangat berhati-hati ketika menjaganya. Oleh karena itu ada beberapa hal yang Anda terapkan saat merawat si kecil di rumah.
Walaupun memang kurang tidur, Anda harus tetap menjaga kondisi tubuh. Sebab, fisik tubuh sang ibu berpengaruh pada kondisi fisik bayi Anda. Janganlah mengkonsumsi kafein untuk mengusir rasa kantuk. Tetap makan-makanan sehar dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh setiap hari. Pastikan untuk selalu menghirup udara segar dan terkena panas pagi. Supaya kondisi tubuh tetap bugar maka, tidurlah saat buah hati Anda tidur. 
foto:hamilplus.com

Mintalah pengertian dari pasangat untuk merawat bayi yang baru lahir dan bergantian jaga ketika malam hari. Ajaklah si kecil untuk menikmati kebiasaan Anda sehari-hari. Jangan pernah takut dan khawatir kalau tidak bisa menjaganya dengan baik. Buang semua kecemasan yang ada dan bicarakan semuanya dengan pasangan.
Tetaplah menikmati kebersamaan Anda bersama buah hati dan tertawalah disaat menggantikan popok, berbicara dengannya dan memperhatikan gerak-geriknya setiap hari. Tundalah pekerjaan lainnya, fokuskan untuk merawat bayi yang baru lahir. Tunda pekerjaan mencuci, memasak, menyetrika jika tubuh Anda lelah. Tapi, tetaplah sajikan makanan sendiri untuk si kecil.
Jangan menutup diri dan ragu untuk keluar rumah. Ketika bayi Anda rewel ajak dia unuk keluar, hibur dia agar merasa senang. Biasanya si kecil akan senang hanya sekedar berjalan-jalan dan menghirup udara segara. Meski masih bayi, dia bisa merasakan suasana yang membosankan dan menyenangkan. Mempunyai bayi bukan berarti Anda membatasi ruang gerak. Tetaplah pergi jalan-jalan bersama teman dan berkomunikasi seperti biasanya.
Hal tersebut bisa membuat Anda nyaman dan menyenangkan walau sudah memiliki bayi yang baru lahir. Asalkan tidak berbahaya bagi anak Anda, tidak apalah membawanya pergi. Jangan selalu berusaha mengerjakan semua pekerjaan sendiri. Mintalah bantuan saudara, mertua atau orang-orang disekitar untuk membantu Anda merawat bayi yang baru lahir. Bukan mengeluh loh yah,,
Tapi coba untuk berbagib tugas dan buat mereka mengerti betapa beratnya peran sebagai seorang ibu baru. Selalu belajar menjadi ibu yang terbaik untuk anak Anda!

0 komentar: