Tahap-Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan

00.56 Mugiwara Upi 0 Comments

Perkembangan bayi usia 10 bulan merupakan saat-saat terpenting dalam hidupnya dan tidak boleh terlewatkan. Sebab, pada usia ini si kecil mulai berlajar berjalan, berbicara dan semakin terampil memainkan jari-jarinya. Di usia ini sebaiknya para ibu mulai mengajarkan dan menerapkan batasan bagi si kecil. Sehingga, tertanam dalam benak pikirannya mana yang baik untuknya dan mana yang salah. 

Apabila si kecil terbiasa memegang dengan tangan kiri, maka benarkanlah cara memegangnya alihkan ke tangan kanan. Perhatikan selalu dan apabila itu terjadi lagi, pindahkan begitu seterusnya. Dengan begitu, dia tidak akan meneruskan kebiasaan buruknya. Berikut beberapa tahapan perkembangan bayi usia 10 bulan, simak yuk ulasannya!
foto:merries.co.id

Belajar berbicara
Meski masih kecil, ajaklah bayi Anda berbicara sesering mungkin. Dimanapun berada ajak dia untuk selalu berkomunikasi dengan Anda. Baik ketika memasak, melipat pakaian atau sengaja berjalan-jalan ke taman. Jawablah setiap ocehannya dengan bahasa yang benar, jangan dibuat-buat. Biasakan si kecil mengucapkan kata-kata yang benar. Meski, terdengar lucu dan mudah diucapkan olehnya tapi, hal ini berdampak buruk bagi perkembangan bayi usia 10 bulan nantinya.

Menggerakan jari-jarinya
Selain mulau berbicara, si kecil juga semakin aktif dalam memainkan jari-jarinya. Dia akan suka memegang dan mengambil benda-benda di sekitarnya, lalu memasukkan ke mulutnya. Jadi, harus selalu ada yang mengawasi dan memperhatikan setiap tingkah polah bayi Anda. Jangan membiarkannya sendiri, karena bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja, si kecil memasukkan mainan, atau benda lain yang tidak seharusnya dikonsumsi. 

Belajar berjalan
Setelah pandai merangkak, perkembangan bayi usia 10 bulan selanjutnya akan mulai berjalan. Dia akan meminta berdiri dan meraih pegangan untuk berjalan. Bahkan mungkin tangga dapat menjadi hal yang menarik untuknya. Si kecil akan melangkah kakinya sedikit demi sedikit dan berusaha bangun dari jatuhnya sendiri. Jangan batasi tingkahnya, tapi dukung dia dan berikan perhatian khusus. Jika Anda menggendongnya terus, kapan dia bisa berjalan dengan baik?

Semakin mandiri
Pada usia 10 bulan, si kecil semakin ingin melakukan sesuatu sendiri. Dia akan bangun sendiri, melangkahkan kakinya ke tujuan yang menarik untuknya dan lain sebagainya. Si kecil juga sudah mulai meraih cangkir atau makanannya sendiri. Lucunya, dia akan sering menjatuhkan benda yang dipegannya agar orang lain mengambilkannya untuk dia. 

Mulai beradaptasi dengan teman
Tak hanya berjalan dan berbicara, perkembangan bayi usia 10 bulan biasanya ia senang bermain bersama temannya. Cobalah dekatkan dia dengan bayi lainnya dan biarkan dia bersosialisasi, walau belum mengerti cara berteman.