Langkah-Langkah Persiapan Umroh Dengan Berlatih Fisik

20.55 Mugiwara Upi 0 Comments

Persiapan umroh dengan berlatih fisik perlulah dilakukan oleh setiap calon jamaah umroh. Sebab, beberapa kegiatan atau aktivitas umroh yang menuntut kesiapan dan kemampuan fisik. Seperti thawaf yang berjalan mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali dan sa’i, lari-lari kecil bolak-balik ke bukit shafa menuju bukit marwah 7 kali. 

Kalau fisik tidak siap, maka Anda tidak bisa menjalankan serangkaian ibadah umroh dengan sempurna. Oleh karena itu, Anda harus berlatih jauh-jauh hari agar mempunyai kaki yang kuat dan tubuh yang sehat selama menjalankan ibadah umroh. Anda pun tahu ada kalanya cuaca di tanah suci tidak sama di Indonesia. Jadi, mulailah bersiap dengan beberapa latihan berikut ini!
foto:menatahidup.com

Jogging
Melatih kaki dengan berjalan cepat atau jogging merupakan langkah tepat persiapan umroh dengan berlatih fisik. Anda harus melatih kaki secara rutin supaya kaki terbiasa dan tidak mengalami cidera. Latihan ini bisa dilakukan pada saat pagi hari yang sejuk dan segar atau sore hari. Luangkan waktu selama 30-45 menit sehari untuk menyesuaikan otot-otot kaki Anda dengan aktivitas umroh nantinya.
Anda perlu berlatih 2 hingga 4 bulan sebelum berangkan umroh. Cobalah untuk membiasakan berjalan kaki kemanapun pergi asal tempat tersebut masuk akal dilalui dengan jalan kaki. Selain siap untuk berumroh, Ada pun akan merasakan tubuh yang lebih sehat daripada sebelumnya. 

Latihan peregangan otot
Berikutnya lakukan peregangan dan pelemasan otot-otot tubuh sebagai persiapan umroh dengan berlatih fisik. Tak perlu ke pusat kebugaran, lakukan saja push up, back up, sit up berpuluh-puluh kali setiap hari. Jika tidak kuat, lakukan yang lebih ringan speerti senam atau peregangan ringan lainnya.

Sesuaikan latihan dengan kekuatan diri
Saking terlalu bersemangatnya melakukan persiapan umroh dengan berlatih fisik, Anda sampai lupa dengan kekuatan tubuh. Sebelum melakukan olah tubuh, sebaiknya ukur dulu kemampuan yang Anda miliki. Latihan harus sesuai dengan usia Anda. Jangan memaksakan diri karena apabila cidera dan kelelahan bisa berakibat fatal nantinya. 

Mulailah latihan secara perlahan dan biarkan tubuh beradaptasi dengan baik. Jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga. Selain persiapan umroh dengan berlatih fisik, Anda perlu cek kondisi tubuh ke dokter. Periksakan kesehatan Anda secara rutn sebelum berangkat umroh. Mintalah saran kepada dokter untuk latihan yang tepat bagi Anda dan asupan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.